Alasan Membeli Rumah Bekas

Image: canva.com

10 Alasan Membeli Rumah Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika ingin membeli rumah, Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu rumah bekas dan rumah baru. Masing-masing pilihan memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. Kali ini, akan dibahas 10 alasan membeli rumah bekas bagi Kamu yang sedang bermaksud membeli rumah. Berikut ini 10 alasannya :

1. Siap Huni

Jika Kamu membeli rumah bekas, rumah tersebut sudah siap huni. Bangunannya sudah siap, lengkap dengan berbagai ruangan di dalamnya, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Kamu tinggal pindahan saja.

2. Harga Lebih Fleksibel

Harga rumah bekas lebih fleksibel daripada rumah baru. Biasanya pemilik akan menjual rumahnya dengan harga yang berlaku di pasaran. Kamu pun bisa nego langsung sampai mendapatkan harga yang disepakati.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Pertama Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Pajak Bangunan Dari Rumah Bekas Lebih Murah

Alasan membeli rumah bekas selanjutnya adalah karena pajak bangunan rumah bekas lebih murah daripada pajak rumah baru. Hal ini dikarenakan rumah bekas sudah mengalami depresiasi yang berpengaruh pula pada besaran pajaknya.

4. Fasilitas Publik Sudah Tersedia

Fasilitas publik yang ada di sekitar lokasi rumah bekas juga sudah tersedia. Kamu bisa mengeceknya secara langsung. Selain fasilitas publik, Kamu juga bisa mengecek sendiri kondisi jalan menuju lokasi, akses transportasi, dan lainnya.

5. Lingkungan Sosial Sudah Terbentuk

Lingkungan sosial di sekitar rumah juga sudah terbentuk dengan baik. Sudah ada tetangga yang bisa Kamu mintai tolong dan bersedia pula menolongmu dengan senang hati.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Biasanya Berada Di Pemukiman Ramai

Lokasi rumah bekas biasanya berada di pemukiman ramai. Jadi, begitu Kamu menempati rumah tersebut, Kamu tidak akan merasa sendirian karena sudah ada tetangga lengkap dengan kelompok sosial di dalamnya.

7. Pengajuan KPR Lebih Mudah

Alasan membeli rumah bekas selanjutnya adalah karena Kamu akan lebih mudah mendapatkan persetujuan dalam pengajuan KPR. Yap, Kredit Pemilikan Rumah yang Kamu ajukan akan lebih mudah disetujui daripada KPR rumah baru.

8. Surat-Surat Sudah Lengkap

Surat atau sertifikat rumah juga sudah lengkap. Kamu hanya perlu balik nama sertifikat kepemilikan rumah. Kalau belum lengkap, Kamu tentu tidak akan membeli rumah tersebut.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Baru Yang Perlu Kamu Ketahui

9. Tidak Akan Tertipu Developer

Membeli rumah bekas langsung kepada pemiliknya juga menghindarkan Kamu dari tertipu developer. Kalau Kamu beli rumah baru dari proyek developer yang belum dibangun, masih ada kemungkinan Kamu tertipu.

10. Ukuran Rumah Yang Lebih Besar

Ukuran rumah bekas biasanya lebih besar dengan halaman yang cukup luas. Ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin memiliki rumah dengan ukuran yang besar.

Nah, itulah 10 alasan membeli rumah bekas. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan. Meskipun begitu, Kamu juga perlu teliti ketika ingin membeli rumah bekas. Cek dulu kondisi rumah tersebut dan pastikan kondisi bangunannya masih bagus sehingga Kamu tidak perlu keluar uang terlalu banyak untuk renovasi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *