Alasan Membeli Tanah

Image: canva.com

10 Alasan Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu instrumen investasi yang paling diminati khalayak adalah tanah. Harga tanah terus mengalami lonjakan dari tahun ke tahun. Dibandingkan dengan investasi properti lain, sebaiknya Kamu mempertimbangkan 10 alasan membeli tanah berikut ini.

1. Memiliki Capital Gain Tinggi

Dalam rentang tahunan, tanah memiliki capital gain yang patut dipertimbangkan. Prosentase kenaikan bisa mencapai 20 persen setiap tahun tergantung lokasi tanah yang Kamu beli. Jika Kamu membeli tanah di lokasi strategis yang mengalami pertumbuhan pembangunan signifikan, kenaikan harga bisa mencapai lebih dari 100 persen lho!

2. Memiliki Nilai Tambah

Investasi tanah bisa dikembangkan menjadi cluster perumahan. Bayangkan saja kalau Kamu membeli sebidang tanah yang bisa dikembangkan menjadi 5-10 rumah minimalis! Dilengkapi dengan fasilitas memadai, keuntungan yang Kamu dapat bisa maksimal.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Menyesal

3. Bisa Memberikan Penghasilan Tambahan

Tanah bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menggiurkan lho! Kamu bisa mencoba berkebun atau menggunakan tanah untuk tempat parkir yang disewakan. Tentu pertimbangan lokasi tanah harus strategis dengan keramaian.

4. Minim Biaya Perawatan

Tanah tidak membutuhkan biaya perawatan seperti Kamu melakukan investasi properti rumah atau bangunan lain.

5. Tidak Memiliki Risiko Hilang

Tanah yang telah Kamu beli secara legal, maka kepemilikan tanah ada pada Kamu sepenuhnya. Tidak ada risiko tanah hilang atau disita selama Kamu membeli tanah yang bebas sengketa. Berbeda dengan investasi emas yang bisa saja hilang kalau tidak Kamu simpan dengan aman.

6. Beragam Pilihan Investasi Tanah

Baca Juga :  10 Tips Membeli Tanah Yang Belum Bersertifikat Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada banyak pilihan investasi tanah baik kavling, tanah kebun atau sawah. Kamu hanya perlu memilih investasi tanah matang atau tanah mentah.

7. Sistem Pembayaran Yang Lunak

Dewasa ini, jual beli tanah tidak selalu dilakukan secara tunai. Pembayaran bisa dilakukan secara bertahap tergantung dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli atau menggunakan jasa developer.

8. Bisa Memudahkan Pinjaman Modal Besar

Alasan membeli tanah tak sekadar sebagai aset semata, tetapi bisa menjadi jaminan pinjaman modal ke bank. Saat Kamu butuh suntikan dana besar, tak harus menjual tanah yang baru saja dibeli. Cukup masukkan sertifikat tanah untuk mendapatkan suntikan dana pinjaman lebih mudah.

9. Kemudahan Urus Mengurus Balik Nama Sertifikat

Kamu juga bisa melakukan pengurusan balik nama sertifikat lebih mudah saat ini. Bisa mengurus sendiri dengan datang ke Kantor Badan Pertanahan Nasional setempat atau menggunakan jasa PPAT.

Baca Juga :  10 Ciri-Ciri Tanah Yang Bagus Untuk Perumahan Yang Perlu Kamu Tau

10. Memiliki Kelebihan Desain Bangunan Yang Sesuai Keinginan

Kalau Kamu membeli tanah untuk membangun rumah atau bangunan sendiri, Kamu mendapatkan banyak keuntungan lho! Setidaknya Kamu bisa mengaplikasikan ide desain rumah sesuai dengan luas atau kontur tanah yang Kamu beli.
Mau membuat hunian minimalis atau rumah mewah, Kamu tinggal bangun di atas tapak tanah sendiri. Lebih mudah dibandingkan melakukan renovasi rumah bekas, bukan?

10 alasan membeli tanah sebagai aset masa depan di atas bisa jadi pertimbangan Kamu. Mau dipakai sebagai hunian sendiri atau investasi menguntungkan, kenapa tidak?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *