Cara Menjual Tanah

Image: canva.com

10 Cara Menjual Tanah Agar Cepat Terjual Buat Kamu

Bisnis properti memang masih menjanjikan untuk generasi Millenial. Selain rumah atau apartemen, salah satu properti yang terus diminati sepanjang jaman adalah tanah. Mengingat luas lahan yang semakin terbatas tak sebanding dengan ledakan penduduk, tanah memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan harga cukup tinggi dan waktu penjualan relatif cepat, berikut 10 cara menjual tanah yang bisa Kamu praktikkan.

1. Siapkan Dokumen Tanah Yang Diperlukan

Dokumen tanah yang diperlukan, misalnya sertifikat tanah, bukti pembayaran pajak dan lain-lain. Pembeli enggan bertransaksi dengan orang yang bermasalah atau tanah yang diperjualbelikan masih dalam sengketa.

2. Melakukan Riset Atau Survey

Perlu sekali melakukan riset untuk mengetahui harga tanah di pasaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nominal harga melambung tinggi, lho!

3. Menentukan Harga Yang Masuk Akal

Setelah melakukan riset, tentukan nominal harga yang Kamu inginkan. Tentu harga yang Kamu tawarkan harus berada di angka normal. Jika Kamu membeli tanah sebelumnya, tentukan nominal laba yang diinginkan.

4. Perhatikan Keunggulan Tanah

Menawarkan properti harus memperhatikan keunggulan yang dimiliki sebagai bahan tawaran Kamu pada pembeli. Misalnya tanah berada di lokasi strategis atau memiliki prospek di area sunrise atau tanah bakal berkembang sebagai hunian masa depan.

5. Mengetahui Kekurangan Tanah

Banyak pembeli enggan melakukan transaksi setelah melihat lokasi tanah. Hal ini bisa dikarenakan minim informasi yang Kamu berikan. Membicarakan kekurangan tanah tentu bisa membuat closing transaksi sedikit terganggu.

Namun, Kamu harus tahu bahwa mengatakan kekurangan tanah seperti akses jalan yang kurang memadai atau tidak berada di dekat area publik bisa membuat tanah cepat laku terjual. Tentu harga yang diberikan standar dengan harga tanah yang tidak berada di area strategis.

6. Melakukan Promosi Online

Dewasa ini, cara menjual tanah bisa Kamu lakukan secara online saja. Kamu bisa memasang iklan di situs media sosial yang Kamu miliki sendiri. Jauh lebih murah dan mudah, bukan?

7. Memasang Iklan Di Situs Jual Beli Properti

Masih ada hubungan dengan poin nomor 5, cara menjual aset Kamu dengan cepat adalah bergabung dengan situs jual beli properti. Situs jual beli properti biasanya memiliki banyak anggota yang semakin memperbesar peluang tanah Kamu segera terjual.

8. Membagikan Brosur Atau Iklan Media Cetak

Meskipun semua hal bisa dilakukan secara online, media cetak masih memiliki prospek agar tanah Kamu segera terjual. Kamu bisa membagikan brosur, pamflet atau memasang iklan baris di koran lokal.

9. Memberikan Informasi Sejelas Mungkin

Kalau Kamu memang hendak menjual tanah sendiri tanpa bantuan broker, sebaiknya pasang iklan dengan informasi yang jelas, misalnya lokasi dan luas tanah serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

10. Bekerja Sama Dengan Developer

Tak ada salahnya bekerja sama dengan pihak developer properti agar tanah Kamu segera laku terjual. Broker profesional akan membantu mencarikan pembeli yang potensial untuk Kamu.

10 cara menjual tanah di atas bisa Kamu jadikan referensi, ya! Jual tanah dengan harga yang tinggi, kenapa tidak?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *