Ciri-Ciri Tanah Yang Bagus Untuk Perumahan

Image: canva.com

10 Ciri-Ciri Tanah Yang Bagus Untuk Perumahan Yang Perlu Kamu Tau

Semua orang pasti lebih suka tinggal di rumah sendiri dibandingkan dengan menyewa hunian lain. Hanya saja luas tanah yang semakin terbatas membuat Kamu kesulitan membangun rumah sendiri. Namun, Kamu masih bisa mendapatkan kavling tanah yang bagus untuk perumahan dengan jeli melihat penawaran tersebut. Kalau memang hendak membangun hunian nyaman, pastikan tahu ciri-ciri tanah yang bagus untuk perumahan berikut ini.

1. Memiliki Fisik Tanah Kering

Ciri pertama tanah sangat recomended untuk dibangun perumahan adalah kondisi yang kering. Jika kondisi tanah masih berupa sawah, kebun, empang, dan lain-lain, Kamu membutuhkan material dan biaya lebih banyak untuk melakukan pengeringan lokasi.

2. Memiliki Posisi Sama Atau Lebih Tinggi Dari Jalan Depan

Kalau Kamu tertarik membeli tanah karena ingin mengembangkan cluster perumahan, sebaiknya pilih tanah yang memiliki posisi sama atau lebih tinggi dari jalan di depannya. Kalau kondisi tanah lebih rendah dari jalan di depan, risiko banjir bisa terjadi saat musim hujan tiba.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Tanah Yang Belum Bersertifikat Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Tersedia Saluran Pembuangan

Pastikan tanah memiliki saluran pembuangan sendiri atau kemudahan membuat saluran pembuangan. Kalau Kamu hendak membeli tanah, pastikan menghitung biaya pembuatan saluran pembuangan yang bisa saja melewati tanah orang lain.

4. Pastikan Ada Kemudahan Akses Menuju Ke Lokasi

Kalau Kamu membeli tanah di bidang yang sempit atau melewati gang, bagaimana akses membawa material pembangunan rumah? Nah, sebaiknya ketahui ciri-ciri tanah yang bagus untuk perumahan yaitu memiliki akses jalan minimal 6 meter untuk kemudahan kendaraan roda empat mengangkut bahan material.

5. Ada Fasilitas Memadai Di Sekitar Tanah Prospektif

Kamu bisa membeli tanah yang prospektif dekat pemukiman atau memiliki fasilitas publik yang lengkap seperti tempat ibadah, perbelanjaan, taman umum, dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Alasan Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Lokasi

Ciri tanah yang bagus untuk perumahan adalah lokasi yang strategis. Maksudnya, tanah memang tidak dekat dengan sungai, tempat pembuangan sampah dan dekat pemakaman yang membuat banyak penghuni rumah khawatir dengan air tanah dan aura pemakaman.

7. Pembayaran Dan Surat Menyurat Jelas

Jual beli tanah yang mudah baik tunai atau kredit merupakan ciri tanah bagus untuk lokasi perumahan. Setidaknya Anda yakin bahwa semua surat-surat lengkap dan resmi sehingga meminimalisir risiko tanah sengketa.

8. Adanya Aktivitas Massal Masyarakat

Aktivitas massal masyarakat mendukung perumahan yang Kamu bangun banyak dilirik calon pembeli. Aktivitas massal antara lain lingkungan industri, sekolah, perkantoran, dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Menyesal

9. Tanah Prospektif Dekat Sunrise Area

Lokasi tanah yang berada di sunrise area tentu sangat menguntungkan. Pasalnya, lokasi perumahan bakal berkembang menjadi sunrise property dalam hitungan 5 tahun kedepan. Berbeda dengan sunset area atau tanah berada di lingkungan yang tidak diminati atau masih minim fasilitas.

10. Ada Pembangunan Developer Dalam Radius 5 Kilometer

Jika ada pembangunan developer perumahan lain minimal radius 5 kilometer saja, potensi perumahan Kamu diminati semakin besar. Dampak marketing developer lain akan berpengaruh pada penjualan cluster yang Kamu bangun di lokasi tanah tersebut.

Ciri-ciri tanah yang bagus untuk perumahan di atas bisa Kamu jadikan referensi sebelum membeli sebidang tanah ya! Semoga informasinya bermanfaat ya buat Kamu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *