Tips Membeli Apartemen Bekas

Image: canva.com

10 Tips Membeli Apartemen Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah Kamu berencana membeli apartemen second atau bekas? Jika ya, sepertinya Kamu memerlukan tips membeli apartemen bekas agar tidak menyesal di kemudian hari. Namun, sebelum membaca tips membeli apartemen bekas, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa tujuan membeli apartemen itu. Apakah untuk investasi atau untuk Kamu dan keluarga tinggali. Apabila tujuannya sudah terukur, yuk simak tips membeli apartemen di bawah ini.

1. Tentukan Tujuanmu

Tujuan memiliki apartemen itu apakah untuk singgah saat weekend tiba, untuk warisan, atau justru untuk investasi? Menentukan tujuan pembelian apartemen mempengaruhi faktor keuangan, termasuk pajak properti dan asuransi yang dipilih.

2. Apakah Harganya Masuk Akal?

Meskipun apartemen second yang Kamu beli tujuannya untuk investasi, namun harga yang ditawarkan pemilik sebelumnya harus masuk akal. Banyak orang yang mengeluh dengan harga apartemen second yang terlalu mahal.

Baca Juga :  10 Alasan Membeli Apartemen Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Tentukan Lokasi Apartemen

Hunian yang berlokasi di tempat strategis tentunya akan memudahkan akses mobilitas Kamu ke tempat kerja atau fasilitas umum lainnya. Maka, tentukan lokasi apartemen second yang akan Kamu beli.

4. Tentukan Tipe Apartemen

Penting juga untuk menentukan tipe apartemen yang akan Kamu beli, tentunya berkaitan juga dengan kebutuhan dan tujuan Kamu beserta keluarga.

5. Membeli Apartemen Dengan Pinjaman Non-Tradisional

Salah satu cara unik dalam membeli apartemen second ialah meminjam dana kepada keluarga, teman dekat, atau kerabat agar tidak membayar bunga.

6. Bergabung Dengan Pembeli Lain

Tips membeli apartemen bekas lainnya ialah dengan bergabung bersama pembeli lain. Kamu bisa saling bergantian menggunakan apartemen tersebut. Berbagi kepemilikan apartemen menjadi trend yang semakin berkembang pada masa sekarang.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Apartemen Baru Yang Perlu Kamu Ketahui

7. Gunakan Jasa Agen Properti

Beberapa orang keliru bahwa tidak menggunakan jasa properti akan lebih murah, padahal sama saja. Karena penjual apartemen yang akan melakukannya dan membagi tiga persen dari hasil penjualan.

8. Maintenance

Maintenance apartemen second perlu Kamu perhatikan dengan seksama, mulai dari struktur gedung, kondisi gedung, kelembapan gedung, dan lain sebagainya.

9. Bersiap Menjadi Pemilik Apartemen

Apapun tujuanmu membeli apartemen tersebut, Kamu harus siap menjadi pemilik apartemen bekas itu. Entah nanti ada biaya maintenance atau renovasi yang lebih besar, Kamu harus siap.

10. Mengetahui Latar Belakang Pemilik Sebelumnya

Mengetahui latar belakang pemilik apartemen sebelumnya sangatlah penting. Karena ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, apakah apartemen itu pernah digunakan untuk aksi kejahatan atau hal lainnya.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Apartemen Untuk Pasangan Muda Yang Perlu Kamu Ketahui

Demikianlah 10 tips membeli apartemen bekas yang perlu Kamu ketahui. Apartemen baru saja harus Kamu cek sedetail mungkin, apalagi apartemen bekas! Oleh karena itu jangan terburu-buru membeli apartemen sebelum memastikan bahwa apartemen tersebut kualitas dan dokumen-dokumennya lengkap. Ini untuk menghindari timbulnya masalah baru di kemudian hari. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *