Tips Membeli Rumah Bekas

Image: canva.com

10 Tips Membeli Rumah Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui

Memiliki rumah pribadi merupakan impian semua orang, namun terkadang terbentur dengan harga yang terlalu mahal, apalagi kalau rumah itu baru. Salah satu solusinya bisa dengan membeli rumah bekas yang masih bagus. Meskipun dalam membeli rumah bekas banyak sekali hal-hal yang perlu Kamu pertimbangkan. Nah, untuk mempertimbangkan beberapa hal itu, sepertinya Kamu membutuhkan referensi atau tips membeli rumah bekas supaya tidak menyesal dikemudian hari yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Beli Rumah Dari Pemiliknya Langsung

Cara terbaik membeli rumah bekas yaitu langsung dari pemiliknya sendiri. Selain harga yang lebih murah, Kamu leluasa menanyakan hal apapun secara jelas kepada pemiliknya. Rumah tanpa perantara memang lebih baik.

2. Pilih Broker Yang Tepat

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau memang membeli rumah bekas itu perlu melewati broker atau perantara, setidaknya pilih broker yang tepat dan bisa dipercaya. Lebih bagus lagi kalau broker itu bisa mengurusi hingga pengajuan ke KPR.

3. Tanyakan Usia Bangunan

Kamu bisa mengkategorikan umur rumah itu ke dalam dua hal, yaitu kurang dari 10 tahun, sedang dalam masa 10 atau 20 tahun, dan bangunan tua lebih dari 20 tahun. Tanyakan juga tentang renovasi rumah tersebut, karena mempengaruhi struktur bangunan rumah.

4. Lokasi

Meskipun harga rumah itu murah dan cocok di kantong Kamu, namun Kamu perlu mempertimbangkan lokasi. Bagaimana akses transportasi, apakah macet atau tidak, serta jika memungkinkan cek jarak tempuh rumah dengan tempat kerja.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Baru Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Periksa Kondisi Fisik Rumah

Periksalah secara detail kondisi fisik rumah yang akan Kamu beli. Bila perlu buatlah checklist agar lebih mudah saat melakukan pemeriksaan. Atau Kamu juga bisa mengajak kontraktor untuk melihat kondisi fisik rumah.

6. Cek Lingkungan Sekitar Rumah

Mengecek lingkungan rumah sangat penting Kamu lakukan, mulai dari tetangga, apakah wilayah itu rawan kejahatan atau tidak, apakah rawan banjir atau tidak, dan lain sebagainya.

7. Cek Dokumen Kelengkapan Rumah

Tips membeli rumah bekas yang paling penting yaitu mengecek kelengkapan dokumen rumah, mulai dari surat-surat, sertifikat, pajak, dan lain-lain. Dokumen ini sangatlah berharga dan bisa Kamu gunakan untuk keperluan lain.

8. Cek Harga

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang harga rumah di daerah itu. Tujuannya agar Kamu bisa melakukan penawaran harga. Mengetahui harga standar rumah menghindari Kamu ditipu broker.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Rumah Pertama Yang Perlu Kamu Ketahui

9. Meluangkan Waktu Untuk Mematangkan Pilihan

Luangkan waktu Kamu maksimal tujuh hari untuk mematangkan pilihan membeli rumah itu. Karena ketika Kamu mengajukan penawaran harga bisa jadi pemilik rumah menyetujuinya. Artinya Kamu tidak perlu terburu-buru.

10. Pilih Notaris Dan PPAT Terpercaya

Dalam melakukan transaksi pembelian rumah secara tunai, Kamu memerlukan notaris atau PPAT. Jasa mereka akan Kamu bayar, sehingga pilihlah notaris yang terpercaya.

Demikianlah 10 tips membeli rumah bekas yang perlu Kamu ketahui. Upayakan tidak terburu-buru mengambil rumah itu, karena berbagai pertimbangan yang perlu dimatangkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *