Tips Membeli Tanah

Image: canva.com

10 Tips Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Menyesal

Tanah merupakan salah satu aset yang menarik untuk Kamu miliki. Karena tanah cepat sekali mengalami peningkatan nilai dalam jangka waktu beberapa tahun. Tidak hanya itu, biaya perawatan tanah relatif mudah dibandingkan tanah yang sudah berdiri bangunan. Apakah Kamu berniat membeli tanah untuk investasi? Nah, berikut akan diberikan 10 tips membeli tanah yang perlu diketahui.

1. Perhatikan Kondisi Tanah

Memperhatikan kondisi tanah sangatlah penting demi kelancaran investasi Kamu di masa depan. Dalam hal ini, kenali jenis tanah dan kontur tanah agar memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya.

2. Memeriksa Surat Tanah

Kelengkapan surat-surat tanah ini perlu Kamu perhatikan dengan seksama, barangkali penjual tanah sebelumnya tidak melakukan pemindahan nama. Untuk memeriksa surat tanah, coba Kamu lihat nama pemilik dan keabsahannya.

Baca Juga :  10 Ciri-Ciri Tanah Yang Bagus Untuk Perumahan Yang Perlu Kamu Tau

3. Mengecek Keabsahan Oleh PPAT

Dalam mengecek keabsahan tanah, Kamu bisa menggunakan jasa PPAT untuk memeriksanya. Dengan mempercayakan kepada PPAT, maka Kamu dapat mengetahui status tanah tersebut, apakah sedang dijaminkan, sengketa, atau lainnya.

4. Membuat Surat Akad Jual Beli

Setelah memastikan sertifikat rumah itu tidak bermasalah, selanjutnya Kamu membuat surat akad jual beli melalui PPAT. Dalam pembuatan surat ini, ada beberapa persyaratan yang perlu Kamu penuhi, mulai dari Surat Pembayaran PBB, Sertifikat Tanah, Surat IMB, dan balik nama sertifikat.

5. Menyerahkan Berkas Ke BPN

Tahap penyerahan berkas ke BPN bertujuan untuk mengurus balik nama sertifikat yang kemudian menjadi tanggung jawab PPAT. Penyerahan berkas ini dilakukan selambat-lambatnya selama tujuh hari setelah tanda tangan.

Baca Juga :  10 Alasan Membeli Tanah Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Periksa Batas Tanah

Tips membeli tanah selanjutnya adalah memeriksa batas tanah yang akan Kamu beli. Karena bisa saja batas yang sebenarnya berbeda dengan yang ada di gambar. Akan menjadi masalah besar kalau penjual tidak jujur dari awal. Maka untuk memastikannya Kamu periksa batas tanah tersebut.

7. Cari Tahu Asal-usul Tanah

Upayakan tidak membeli tanah bekas kuburan, bekas tempat sampah, atau rumah ibadah karena secara fungsi tidak baik. Tanah yang baik yakni bekas kebun dan sawah. Namun, kalau area tanah sudah diratakan, Kamu bisa mencari tahunya di Kelurahan.

8. Akses Jalan

Periksalah akses jalan menuju tanah yang akan Kamu beli. Karena akses jalan ini menjadi kebutuhan utama Kamu kalau suatu waktu akan mendirikan bangunan. Upayakan pilih akses jalan dua jalur, yaitu kiri dan kanan.

Baca Juga :  10 Tips Membeli Tanah Yang Belum Bersertifikat Yang Perlu Kamu Ketahui

9. Perkembangan Lingkungan

Ketika berencana membeli tanah, Kamu mesti mengecek perkembangan lingkungan sekitar juga. Apalagi kalau Kamu membeli tanah itu untuk sebuah rumah, maka mengecek keadaan tetangga sangat penting.

10. Antisipasi Bahaya Sekitar

Hindari membeli tanah yang dekat dengan fasilitas umum seperti rel kereta api, sungai, jalur pipa gas, listrik tegangan tinggi, dan lainnya. Tujuannya untuk mengantisipasi kalau saja terjadi penggusuran.

Demikianlah 10 tips membeli tanah yang perlu Kamu ketahui, khususnya bagi pemula. Membeli tanah bukan hanya persoalan harga, melainkan juga kualitas tanahnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *