Cara Jual Rumah Ke Bank

Image: canva.com

Cara Jual Rumah Ke Bank Yang Perlu Kamu Tau

Rumah merupakan kebutuhan primer semua orang sebagai tempat berteduh dan bercengkrama bersama keluarga. Memiliki hunian yang nyaman pasti menjadi dambaan setiap orang. Jika rumah lama terasa kurang nyaman, Kamu bisa menjual rumah lama untuk mendapatkan rumah baru yang sesuai keinginan. Berikut cara jual rumah ke bank agar laku lebih cepat dibandingkan Kamu menjual rumah sendiri.

1. Memilih Bank Yang Bisa Diajak Bekerja Sama

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah selektif memilih bank yang bisa bekerja sama menjual rumah dengan cepat. Salah satu bank BUMN yang memiliki rekam jejak baik dalam hal penjualan properti adalah BTN. Kamu bisa melakukan riset lebih dulu mengenai fasilitas yang bisa didapatkan dari program penjualan rumah bank BTN.

Baca Juga :  10 Cara Menjual Rumah Agar Cepat Terjual Buat Kamu

2. Konsultasi Dengan Bank

Setelah fokus menemukan bank yang bisa menjual rumah Kamu dengan cepat, Kamu bisa langsung datang ke bank untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Konsultasi langsung bisa membantu Kamu mengajukan penjualan rumah dengan mengikuti syarat atau prosedur yang berlaku.

3. Menghitung Biaya Perawatan Atau Renovasi Rumah

Cara jual rumah ke bank memang harus mengikuti aturan atau prosedur yang berlaku. Namun, sebaiknya Kamu menghitung seluruh biaya yang telah dikeluarkan untuk perawatan atau renovasi bagian rumah.

Rumah yang terawat jelas memiliki nilai lebih dalam menarik minat pembeli, bukan? Jika rumah Kamu masih dalam tahap KPR, tidak ada salahnya mengkalkulasikan jumlah cicilan yang telah dibayar agar bisa menentukan harga jual rumah.

Baca Juga :  10 Cara Menjual Rumah Agar Cepat Terjual Buat Kamu

4. Menentukan Appraisal Sebuah Rumah

Apprasial sebuah rumah memiliki makna nilai dari properti itu sendiri. Sebaiknya Kamu berkonsultasi dengan jasa appraisal dari bank yang siap menentukan nilai rumah yang sesuai dengan harga pasar. Harga jual yang terlalu rendah bisa saja membuat Kamu mengalami kerugian atau harga jual yang dipatok terlalu tinggi bisa membuat rumah Kamu sulit terjual.

5. Mengikuti Semua Instruksi Bank

Memang menjual rumah bisa dikatakan susah-susah gampang. Kamu yang mengunggah promo jual rumah di situs online pun, belum tentu ada jaminan rumah bakal cepat laku. Menjual rumah ke pihak bank dianggap lebih menarik sebab bank akan mencarikan pembeli potensial untuk rumah Kamu.

Baca Juga :  10 Cara Menjual Rumah Agar Cepat Terjual Buat Kamu

Pastikan Kamu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan seperti SHM rumah yang legal. Jika rumah masih dalam tahap KPR, ikuti prosedur dari bank agar Kamu bisa mendapatkan pembeli yang siap mengambil alih KPR tersebut. Sekarang Kamu hanya perlu menunggu proses penjualan rumah selesai, ya!

Beberapa cara jual rumah ke bank di atas bisa menjadi referensi untuk Kamu yang ingin menjual properti. Pertimbangkan secara matang dalam menentukan harga jual agar properti rumah Kamu bisa terjual dengan harga tinggi. Penjualan properti tak sekadar Kamu butuh dana cepat saja, tetapi bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *